Resume Talkshow PKKMB FE UNY 2020

 Talkshow 1 : Kemahasiswaan dan Ormawa FE UNY

Speaker : Andi Dwiki Iranda dan Ade Rizky Baskoro

    Pada talkshow pertama ini, kak Andi dan kak Ade memberikan materi mengenai tips dan trik dalam menghadapi dunia perkuliahan, contohnya adalah time management yang baik dalam kesibukan dunia perkuliahan, yaitu dengan berkomitmen dan konsisten dengan tujuan kita dan juga fokus pada apa yang sedang kita kerjakan agar tidak membuang waktu.

    Selain tips dan trik perkuliahan, kak Andi dan kak Ade juga memaparkan mengenai pentingnya berorganisasi saat menjalani perkuliahan. Bergabung dengan organisasi kemahasiswaan dapat membuat kita berkembang dan mendapatkan banyak pengalaman yang tidak kita dapatkan di dalam kelas.

 

Talkshow 2 : Pengenalan Lingkungan Akademik FE UNY

Speaker : Prof. Setiabudi Indartono

    Pada talkshow kedua ini, Pak Tia membahas tentang informasi akademi di fakultas Ekonomi UNY. Yang pertama adalah penjelasan mengenai SKS atau Sistem Kredit Semester yang digunakan pada sistem perkuliahan. Pada jenjang S1 terdapat 146-151 SKS.

    Mulai pada tahun ini diberlakukan kurikulum pendidikan baru yaitu kurikulum Kampus Merdeka, yang memberikan hak kepada mahasiswa untuk melakukan pembelajaran sampai dengan 3 semester di luar prodinya. Kegiatan di luar prodi ini bukan hanya pembelajaran tapi bisa juga magang, pertukaran pelajar, riset, proyek desa, wirausaha, studi independen, mengajar di sekolah, dan proyek kemanusiaan.

 

Talkshow 3 : Mahasiswa Enterpreneur

Speaker : Goswan Fahri Alfarizi

    Pada talkshow ketiga ini, kak Goswan selaku pemilik brand Fresher58 memaparkan materi tentang enterpreneurship. Enterpreneur adalah seorang wirausahawan yang mampu membaca peluang bisnis dan pandai memecahkan suatu masalah.

    Menjadi seorang enterpreneur sejak dini dapat memberikan berbagai macam manfaat, diantaranya dapat membantu teman dan membangun relasi. Menurut kak Goswan, berbisnis itu tidak selalu bicara tentang keuntungan semata, tetapi juga tentang relasi dan hubungan sosial. Untuk berwirausaha jangan takut terhadap kegagalan, karena kegagalanlah yang membuat kita bisa berkembang menjadi lebih baik dan lebih kuat, dan juga jangan pernah takut untuk mencoba menjadi seorang enterpreneur.

 

Talkshow 4 : Sociopreneur

Speaker : Andika Mahardika

    Pada talkshow terakhir ini, Pak Andika menjelaskan mengenai sociopreneur. Seorang sociopreneur adalah enterpreneur yang tidak hanya mengepentingkan profit atau keuntungan semata, tetapi juga mementingkan manfaat yang diberikan bagi sesama.

    Manfaat menjadi seorang sociopreneur selain memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain adalah bisa memiliki landasan dan jiwa sosial. Seorang sociopreneour juga bisa berinovasi, berkreasi, sekaligus memberikan solusi terhadap masalah yang ada di masyarakat. Pak Andika juga berpesan pada kita untuk menggunakan seluruh ilmu yang kita dapatkan sebaik mungkin agar bisa bermanfaat bagi orang lain.

Comments

  1. Woww, semoga yang didapat dapat bermanfaat buat kamu ya Call.. Semangatt teruss^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kesan & Pesan PKKMB FE UNY 2020

(Not a) Love Letter 💖